Fans Bisa Menonton Laga Bundesliga Di Musim Depan

Pertandingan Bundesliga dikabarkan bakal dihadiri penonton di stadion musim depan. Namun kepastian soal ini baru akan dibahas lebih lanjut pekan depan.
Seperti dilansir Sky Sports, 36 klub di dua divisi teratas Liga Jerman telah menyetujui rencana ini pada Selasa (4/8) kemarin. Ada kemungkinan penonton bisa menyaksikan pekan pertama Bundesliga 2020/21 yang dijadwalkan mulai 18 September mendatang.

Izin untuk memperbolehkan suporter untuk menghadiri stadion tidak datang dari Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) atau DFL sebagai operator liga, tetapi dari pemerintah.

Masing-masing dari 16 negara bagian Jerman memiliki kewenangan untuk menentukan apakah klub di wilayah mereka berhak menyelenggarakan pertandingan yang dihadiri atau tidak.

Rencananya, Menteri Kesehatan Jens Spahn akan menggelar rapat pada Senin (10/8) untuk membahas kapan waktu yang tepat untuk mengimplementasikan kebijakan tersebut, dan berapa banyak pendukung yang boleh hadir.

CEO DFL Christian Seifert mengatakan dia tidak akan menekan pemerintah tentang rencana ini. Pihaknya sadar, langkah mendatangkan suporter kembali ke stadion harus dilakukan secara bertahap.

“DFL tidak akan menanyakan apapun tentang ini, tapi kami siap untuk mengambil langkah kecil ini pada waktu yang tepat,” kata Seifert.

“Liga Jerman hanya bisa kembali secara bertahap. Tidak ada keajaiban yang bisa membuat politisi memberikan lampu hijau untuk mengisi stadion hingga penuh.

“Itu akan dilakukan secara bertahap. Kami harus perlahan-lahan mengembalikan situasi ke normal. Tidak ada seorang pun di DFL yang meminta suporter untuk diizinkan menghadiri nomor tertentu. Itu sangat tidak bertanggung jawab,” jelasnya.

Jika pendukung dibiarkan kembali, sejumlah langkah pengamanan bagi pendukung dikabarkan telah disiapkan, terutama untuk mencegah peningkatan jumlah kasus COVID-19.

Langkah tersebut antara lain larangan suplai alkohol di stadion dan larangan mengisi tribun hingga Oktober 2020. Kemudian suporter yang berkunjung juga dilarang hadir hingga 2021.

Selain itu, para suporter Liga Jerman yang hadir rencananya akan didata, sehingga bisa mengetahui rekam jejaknya jika terjangkit COVID-19.