8.500 Fans RB Leipizig Sudah Dapat Hadir Ke Stadion

Ada kabar baik buat fans RB Leipzig. Mereka diizinkan menonton pertandingan Bundesliga 2020/2021 secara langsung di stadion.
Di Jerman, izin membawa suporter ke stadion kini menjadi keputusan otoritas regional masing-masing, mengingat parahnya penyebaran COVID-19 di lokasi tersebut.

Di negara bagian Saxony, tempat Leipzig berada, ‘hanya’ terdapat 126 kasus baru selama 7 hari terakhir, lapor NY Times hingga Rabu (2/9). Angka yang relatif rendah ini diduga menjadi alasan kemudahan izin Leipzig untuk menghadirkan penonton di Red Bull Arena.

Melalui akun resminya, Leipzig menyatakan telah mendapat persetujuan dari Departemen Kesehatan Masyarakat Kota Leipzig pada Selasa (1/9). Dengan demikian, suporter bisa menyaksikan laga kandang pertama Leipzig, tepatnya di pekan kedua Bundesliga melawan Mainz 05, Minggu (20/9).

“RB Leipzig berencana mengizinkan suporter untuk menghadiri pertandingan melawan Mainz pada 20 September. Sebuah kesepakatan telah dicapai dengan Departemen Kesehatan Umum Kota Leipzig, yang akan mengizinkan sebanyak 8.500 orang untuk hadir,” tulis pernyataan Leipzig.

“Protokol perlindungan virus corona baru mulai berlaku di Saxony pada 1 September. Atas dasar ini, terkait ketentuan pelaksanaan dan konsep kebersihan untuk pertandingan kandang, proposal tersebut disetujui oleh Departemen Kesehatan Masyarakat Kota Leipzig pada hari Selasa.”

Meski hanya berkapasitas sekitar 20 persen dari Red Bull Arena (42.959 penonton), hal ini tetap disambut baik oleh pelatih RB Leipzig, Julian Nagelsmann. Ia sudah merindukan suporter, apalagi selama tiga bulan timnya harus bermain di stadion kosong.

“Ini berita bagus untuk tim kami, tapi di atas segalanya untuk fans kami. Sudah hampir enam sejak pertandingan terakhir dengan penonton dan kami sangat merindukan dukungan mereka dan atmosfer stadion di depan penonton,” jelas Nagelsmann.